Masjid unik berbentuk Kuil Buddha di Beijing

www.anehdankonyol.com

Aneh dan Unik. Masjid Niu Jie yang berasal dari arti kata 'Ox Street' yang artinya jalan lembu/sempit dinamakan demikian karena jalan ini banyak penjual daging lembu. Masjid Niu Jie di China memiliki bangunan yang sangat unik, arsitekturnya sama sekali tidak seperti masjid, malah cenderung mirip kuil Buddha. Tidak percaya? Yuk, tengok langsung. Begitu tiba di depan Masjid Niu Jie, mungkin orang tidak mengira jika bangunan ini adalah sebuah masjid. Ini karena Masjid Niu Jie dibangun dengan tidak meninggalkan gaya China sedikitpun. Bahkan lebih terlihat seperti kuil Buddha. 

Masjid ini dibangun pada tahun 995 M. Masjid Niu Jie Beijing merupakan masjid terbesar dan tertua di pusat kota penduduk Muslim. Seperti dikutip dari sacred-destinations.com, Selasa (24/7/2012), awalnya masjid tersebut dibangun oleh dua orang Arab pada tahun 995 M. Dalam perjalanannya, Masjid Niu Jie mengalami dua kali perombakan, yakni pada masa Dinasti Yuan, Ming dan Qing antara abad ke 13 dan 19 M. 

Perombakan kedua dilakukan pada tahun 1949. Bangunan masjid ini berjajar dengan kios jajanan dan pedagang yang menjual cincin, kue beras dan shaobang (muffin). Luas Masjid Niu Jie lebih dari 6000 meter persegi dan mencakup beberapa bangunan, antara lain ruang salat, Lou Bangge (menara), menara observatorium, dan dua paviliun dengan batu steles.


Menengok ke eksterior, Masjid Niu Jie sengaja dirancang dalam gaya China klasik, sehingga terlihat seperti kuil Buddha. Kontras dengan eksterior yang bergaya China klasik, interior lebih bergaya tradisional Arab. D Kedua prasasti China dan Arab banyak menghiasi bangunan masjid ini. Masjid dibuka dari pukul 08.00 pagi waktu Beijing hingga pukul 19.00 malam. Masjid ini dibuka untuk umum dan semua kalangan. 

Hanya saja, bagi pengunjung non-Muslim tidak bisa masuk ke dalam ruang salat. Untuk wisatawan atau pengunjung yang hanya ingin mengabadikan lewat foto dapat melihat-lihat bangunan masjid di halaman depan saja. Pada halaman kecil sebelah selatan masjid berisi dua makam imam persia abad ke-13, dan di dekatnya terdapat sebuah kuali berbahan dasar tembaga yang digunakan untuk menyiapkan makanan bagi umat.


sumber : www.anehdankonyol.com