Senin, 03 September 2012

Potret Perang Vietnam yang Mengguncang Dunia


8 Foto Perang Vietnam yang buat Terpikat Dunia. 
Horst Faas, menerima hadiah sebagai pemenang fotografer tempur yang menetapkan standar baru untuk menutupi perang dengan kamera, yang meninggal dalam usia 79 tahun. Horst Fass bergabung di kantor berita The Associated Press (AP) pada tahun 1956, yang meliput foto perang, revolusi dan Olimpiade pada zamannya. 

Dan karirnya terkenal setelah meliput perang Vietnam, di mana dia terluka parah pada tahun 1967 dan memenangkan empat penghargaan utama termasuk foto pertama dari dua Hadiah Pulitzer.Sahabat anehdankonyol.com inlah 8 foto hasil karya Horst Fass yang mengundang simpatik Dunia  :

1.Foto Zona US Army helikopter tuangkan senapan mesin ke garis pohon untuk menutupi muka oleh pasukan Vietnam Selatan di bulan Maret 1965.


Sebagai kepala operasi foto AP di Saigon selama satu dasawarsa dimulai pada tahun 1962, Faas tertutup pertempuran sementara perekrutan dan pelatihan bakat baru dari antara freelancer asing dan Vietnam. Hasilnya adalah 'tentara Horst' dari fotografer muda, yang menyebar dengan Faas-dipasok kamera dan film dan perintah tegas untuk 'kembali dengan gambar yang bagus. Faas dan editor nya memilih yang terbaik dan mengumpulkan aliran memberitahu Foto - tentara melawan Vietnam Selatan dan warga sipil yang berjuang untuk bertahan hidup di tengah pusaran.

2.Perempuan dan Anak kecil berjongkok di sebuah kanal berlumpur karena mereka berlindung dari Vietkong kebakaran di Bao Trai, 20 km sebelah barat dari Saigon, Vietnam. Pada 1 Januari 1966


Di antara anak didik puncaknya adalah Huynh Thanh saya, seorang aktor berpaling fotografer yang pada tahun 1965 menjadi salah satu dari empat staf AP dan salah satu dari dua Vietnam Selatan antara lebih dari 70 wartawan tewas dalam perang 15-tahun. Adikku yang lebih muda, 'Nick' Huynh Cong Ut, diikuti saudaranya di AP dan di bawah bimbingan Faas memenangkan salah satu dari enam kantor berita Perang Vietnam Penghargaan Pulitzer. 

Untuk ikon fotonya 1972 dari seorang gadis Vietnam terbakar parah melarikan diri. Faas adalah seorang perencana yang brilian, mampu mencetak sendok jurnalistik dengan mengantisipasi 'tidak hanya apa yang terjadi selanjutnya tapi apa yang terjadi setelah itu, sebagai salah satu rekan menaruhnya.

3. Potret Horst Faas ketika memfoto gerilyawan Bangladesh menyiksa dan membunuh orang yang dicurigai bekerja sama dengan milisi Pakistan yang dituduh melakukan pembunuhan, perkosaan dan penjarahan selama bulan-bulan perang saudara


Reputasinya sebagai pemberi tugas menuntut dan perfeksionis mendustakan beruntun humanistik dia segan untuk mengakui, sambil membantu yang kurang beruntung mantan kolega dan penyebab lainnya. Dia banyak dibaca pada sejarah Asia dan budaya, dan dirakit sebuah koleksi porselen Ming Cina, perunggu dan harta lainnya. Dalam tahun kemudian Faas berbalik pelatihan keterampilan ke dalam serangkaian simposium foto jurnalistik internasional. Faas juga membantu untuk mengatur reuni dari masa perang Saigon korps pers, dan menghadiri kombinasi peristiwa-peristiwa ketika ia jatuh sakit di Hanoi pada 4 Mei 2005.

4.Seorang ayah memegang tubuh anak di Vietnam Selatan Army Rangers melihat ke bawah dari kendaraan lapis baja mereka pada tanggal 19 Maret 1964 dan (kiri) Letnan Kolonel George Eyster bagian Florida ditempatkan pada tandu setelah ditembak oleh seorang sniper Vietcong di Lap Trung, Vietnam Selatan pada 16 Januari 1966


Ia masuk rumah sakit pertama di Bangkok dan kemudian di Jerman, di mana dokter ditelusuri kelumpuhan permanen nya dari pinggang ke bawah ke pendarahan tulang belakang yang disebabkan oleh obat pengencer darah jantung. Meskipun membutuhkan kursi roda, ia terus melakukan perjalanan ke pameran foto dan acara profesional lainnya, terutama di Eropa. Faas juga membuat dua perjalanan yang sulit ke Amerika Serikat, pada tahun 2006 dan 2008. 

Kesehatannya memburuk pada akhir 2008. Hospitalised pada bulan Februari untuk pengobatan masalah kulit, ia juga menjalani operasi lambung. Faas 'cakupan Vietnam membuatnya mendapatkan Overseas Press Club, Robert Capa dan Penghargaan Pulitzer pertama nya pada tahun 1965. Menerima penghargaan di New York, ia mengatakan misinya adalah untuk 'merekam penderitaan, emosi dan pengorbanan dari kedua Amerika dan Vietnam di ... negara ini berlumuran darah kecil begitu jauh. 

Kekar ​​tapi lincah, Faas menghabiskan banyak waktu di lapangan dan pada tanggal 6 Desember 1967, terluka di kaki oleh granat roket di Bu DOP, di Dataran Tinggi Tengah Vietnam Selatan. Dia mungkin berdarah sampai mati tidak muda US Army medis berhasil membendung arus. 

Dia sering bekerja sama dengan Pulitzer wartawan pemenang Hadiah AP Peter Arnett untuk menghasilkan laporan yang kuat dan eksklusif seperti kisah 1969 dari Perusahaan A, sebuah unit tentara yang menolak keras perintah untuk bergerak melawan musuh.

5.Tentara AS ketika di obati di medan perang di Vietnam pada April 2, 1967


Horst Faas menyaksikan kejadian itu 'tempur penolakan' selama upaya untuk mencapai tempat kecelakaan helikopter yang menewaskan tujuh tentara AS dan AP staf fotografer Oliver Noonan. Lahir di Berlin pada tanggal 28 April 1933, Faas dibesarkan selama Perang Dunia II dan seperti semua anak laki-laki muda Jerman diminta untuk bergabung dengan organisasi Pemuda Hitler. 

Bertahun-tahun kemudian, ia menulis bahwa serangan udara Sekutu dan 'tontonan menarik dari aksi anti-pesawat di langit' adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, seperti yang dituntut 'untuk berdiri tegak di sekolah dan mendengarkan pengumuman bahwa ayah atau lebih saudara teman sekelas telah mati untuk Fuhrer dan Tanah '.

6.Seorang Pemungut sampah Vietnam melewati mayat AS dan Vietnam Selatan yang tewas dalam pertempuran melawan Vietkong di perkebunan karet Michelin, sekitar 45 mil timur laut dari Saigon, pada November 1965


Perang berakhir pada tahun 1945, keluarga melarikan diri ke utara untuk menghindari kemajuan Rusia di Berlin dan dua tahun kemudian melarikan diri ke Munich di Jerman Barat. Pada tahun 1960, pada 27 dan seorang fotografer AP selama empat tahun, Faas mulai lini depan karir sebagai reporter di Kongo, maka Aljazair. Pada tahun 1962 ia ditugaskan kembali ke perang di Vietnam tumbuh di mana ia mendarat di hari yang sama dengan Arnett. 

Faas meninggalkan Saigon pada tahun 1970 untuk menjadi fotografer AP keliling untuk Asia, yang berbasis di Singapura, mulai luas pada tugas. Dia bekerja sama dengan Selandia Baru Arnett pada tur pelaporan lintas negara Amerika Serikat seperti yang terlihat oleh orang asing, dan ditutup tahun 1972 Munich Olimpiade di mana dia difoto seorang teroris Palestina bertopeng ski di balkon gedung tempat atlet Israel disandera , beberapa jam sebelum mereka dibunuh di bandara. 

Pada tahun yang sama, ia memenangkan Pulitzer Prize kedua, bersama dengan Michel Laurent dari agen foto Gamma Perancis, untuk gambar mencengkeram penyiksaan dan eksekusi di Bangladesh. Pada tahun 1976, Faas pindah ke London sebagai editor foto Senior AP untuk Eropa, sampai ia pensiun dari kantor berita pada tahun 2004.

7.Foto Knockout 1974 Oktober oleh Muhammad Ali berhasil sebelum pertarungan melawan George Foreman di Zaire


Foto Horst Fast Sang Fotografer Perang semasa Hidupnya



sumber : www.anehdankonyol.com

Dari Berbagai Sumber